Skip to content

Sejarah Muncul Radio AM dan FM

January 26, 2013

Anda mungkin telah sering mendengarkan radio dirumah, disekolah atau dimanapun anda berada, biasanya stasiun radio yang kita dengarkan memiliki saluran FM atau AM. Tahukah anda sejarah saluran radio FM dan AM pada radio yang anda dengarkan?

FM adalah kependekan dari “Frequency Modulation” sedangkan AM adalah kependekan dari “Amplitude Modulation” maka perbedaannya dari kedua saluran ini adalah perubahan yang terjadi pada gelombang naik dan turun, gelombang pada saluran radio FM dibedakan berdasarkan frekuensi yang diterima, atau berapa besar perubahan arah tujuan gelombangnya per detik. Sedangkan gelombang radio AM berubah berdasarkan besar-kecilnya amplitudo, yang menggambarkan kekuatan spesifik sinyalnya

Seluruh gelombang pada setiap radio amplitudonya akan mengalami perubahan selama perjalanan, tapi tentunya, jika besarnya amplitudo yang didapat tidak cukup kuat pada saat mencapai reciever, maka yang kita dengar adalah suara-suara statik yang biasa kita dengar seperti desisan. Karena gelombang radio AM hanya bergantung pada penerimaan amplitudo yang didapat, maka AM cenderung lebih murah apabila dibanding dengan FM, dan juga AM lebih dulu ada sebelum AM.

Reginald Fessenden adalah orang pertama yang melakukan siaran radio pada gelombang AM ditahun 1906. Melalui siaran itu, dia menyiarkan ceramah agama, pembacaan Injil serta menyuguhkan permainan biola yang ia lakukan sendiri. Media radio pada gelombang AM sangat populer pada awal tahu 1920 hingga era 50an, yang akhirnya punah tergantikan oleh FM radio.

FM sendiri pertama ditemukan pada awal tahun 1933 oleh Edwin Armstrong, tapi sebelum ia sempat merasakn kesuksesan penemuan tersebut, ia terlebih dahulu meninggal dunia. Sebelumnya dia telah diyakinkan bahwa FM temuannya itu gagal dan tidak dapat digunakan, oleh karena itu akhirnya dia memustuskan untuk bunuh diri dengan cara melompat dari jendela ditahun 1954. Setelah itu, selang beberapa tahun setelah meninggalnya Edwin Armstrong, keunggulan FM mulai diketahui masyarakat dinegara Amerika. Hal itu membuat janda yang ditinggal oleh Edwin mendapatkan harta yang sangat banyak.

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a comment